Senin, 30 Mei 2011

REDAKSI ACARA PERNIKAHAN ADAT

1. Praacara

Hadirin, Undangan yang kami hormati.
Suatu kebahagiaan bagi kita bersama karena pada hari ini Bapak dan Ibu dapat menghadiri malam resepsi nan agung yang digelar untuk ananda Agung Nugroho, S. H. dan Kim Young Ae, Haeksa.

Hadirin, Undangan yang berbahagia.

Sebagai ungkapan rasa bahagia, kami mengundang Bapak dan Ibu berkenan mengisi tepian karpet merah nan anggun demi menyambut kehadiran kedua mempelai duduk bersanding. Sayub terdengar alunan tembang nan merdu mengiringi langkah kedua mempelai, berjalan perlahan namun pasti diantarkan keempat orang tua tercinta dan keluarga terkasih. (kedua mempelai duduk bersanding di pelaminan)

Pepatah Jawa mengatakan, “Witing Tresno Jalaran Soko Kulino”, seperti ini jualah perjalanan cinta kasih kedua mempelai. Keduanya dipertemukan seizin Allah SWT, saling menjaga dan membimbing hati mereka sehingga bersatu meski jarak sempat memisahkan. Ananda Agung Nugroho, S. H., putra kedua Bapak Darmadi dan Ibu Umi dari kota “Batik” Solo kini telah resmi menjadi suami dari Kim Young Ae, Haeksa, putri kedua pasangan Tuan Kim Soo Jung dan Nyonya Park Ju Ae yang berasal dari negeri seberang, Korea Selatan.

Seusai akad nikah mereka berjanji, “Ku curahkan seluruh cinta kasih hanya untukmu sampai akhir masa nanti”, sungguh indah dan tulusnya cinta yang telah mereka rangkai.
Pakaian yang digunakan kedua mempelai pada malam ini merupakan rancangan keduanya sejak memadu kasih yang dilambangkan oleh warna pilihan mereka.
(Kami persilahkan kepada rekan-rekan dokumentasi untuk mengabadikan kedua mempelai selama beberapa saat.)

Hadirin, Bapak/Ibu yang kami hormati.

Sejenak kita layangkan pandangan ke singgasana pelaminan yang begitu indah, mewah dan megah. Ini merupakan bentuk kreasi cinta kasih mereka berdua.
(Apabila pengambilan foto telah selesai, maka kepada kedua orang tua mempelai berkenan bersanding bersama di pelaminan.)

2. Pembukaan

Assalamualaikum Wr. Wb.
Serangkai kata awal sebagai pendahuluan salam kepada hadirin sebagai ganti jabat tangan.

Untaian kata mengungkap cita
Elok nian mempelai di sana
Bersanding menikmati belai cinta
Bak raja ratu sehari di singgasana
Bukan kami cerdik ungkapan
Hanya salam kata kami persembahkan


Yang kami hormati Bapak/Ibu undangan yang berbahagia,
Berucap syukur Alhamdulillah, kiranya sangat patut kita berterima kasih kepada Allah SWT. Karena atas rahmat dan karunia-Nya kita senantiasa diberikan nikmat, ridho, dan barakahnya. Salawat dan salam semoga senantiasa tercurahkan kepada baginda Nabi Muhammad SAW, keluarga, para sahabat, serta sekalian umatnya. Terutama kepada Bapak-Bapak dan Ibu-Ibu yang telah meluangkan waktu dan tenaga, serta mengayunkan langkah untuk mempererat tali silahturahmi.
Atas nama keluarga besar kedua mempelai kami haturkan selamat malam, selamat datang dan terima kasih kepada para undangan yang berkenan hadir malam ini.

Hadirin yang kami hormati,

Kebahagian tak berarti tanpa ikatan suci. Ikatan suci tak berarti tanpa silahturahmi. Doa dan restu merupakan harapan dan spirit cinta kedua mempelai yang akan terukir di lembar hidup mereka. Marilah kita taburi lembaran cinta kasih kedua mempelai dengan curahan doa dan restu para hadirin. Semoga kedua mempelai sejahtera lahir dan batin selamanya, dunia hingga akhirat, dijauhi dari sekelumit aral melintang dan mampu menjadi keluarga bahagia, sakinah, mawaddah, dan warrahmah.

Bapak/Ibu undangan yang berbahagia,
Karpet merah nan megah telah dibentangkan, keluarga besar kedua mempelai yang mengenakan seragam merah maroon telah berjaga di sisi kedua mempelai yang juga akan dilalui Bapak/Ibu di acara resepsi pernikahan ananda Agung Nugroho, S. H. dan Kim Young Ae, Haeksa.

3. Sambutan Perwakilan Keluarga


Hadirin yang kami hormati,
Sebagaimana layaknya adat kita, maka atas nama keluarga besar kedua mempelai kiranya berkenan mewakili memberikan sambutan sebagai amanat keluarga untuk kedua mempelai, yakni Bapak Drs. Soemardjono, kami persilahkan….

4. Tausiyah

Hadirin, undangan yang kami hormati,
Seiring doa semoga mempelai berdua berbahagia bersama keluarga selamanya di atas ridho Allah SWT, marilah sejenak kita jelang acara berikutnya, yakni sekapur sirih santapan rohani tentang suka dan duka membentuk mahligai bersama bak sebuah bahtera baru dan mengarunginya bersama. Selamat mengikuti ceramah agama, dan Bapak Kyai H. Ali Imron yang terhormat kami persilahkan….

5. Pembacaan Doa

Hadirin, undangan yang berbahagia,

Terima kasih untuk Bapak Kyai H. Ali Imron yang telah menyampaikan wejangannya, semoga nasihat dan petuah Bapak Kyai dapat dihayati, dan diamalkan tidak hanya oleh mempelai berdua saja, namun juga dapat diamalkan oleh para hadirin. Selanjutnya, agar mendapat syafaat dan berkah dari Allah SWT, marilah kita berdoa bersama-sama sekaligus mendoakan semoga pengantin berdua benar-benar hidup sejahtera lahir dan batin selamanya di dunia hingga akhirat, beserta sejawat, keluarga, dan kedua orang tua masing-masing. Untuk itu kami persilahkan Bapak Kyai H. Ali Imron, kiranya berkenan memimpin doa. Bapak Kyai H. Ali Imron kami persilahkan….

6. Hiburan/Ramah Tamah

Bapak/Ibu undangan yang berbahagia,

Sungguh indah bunga kamboja
Berjajar rapi di tepi halaman
Siaplah sudah santapan di meja
Sudilah tuan menyantap hidangan


Kami mengundang Bapak/Ibu untuk memberi ucapan selamat dan doa restu melewati bentangan karpet merah yang selanjutnya menuju santap malam yang telah disediakan, persembahan Wairin Cathering.

7. Hiburan dan Foto Bersama

Hadirin undangan yang kami hormati.
Menemani Bapak/Ibu menikmati hidangan yang tersedia malam ini, kami persembahkan sebuah lagu merdu yang akan dilantunkan oleh biduanita nan cantik, anggun, mempesona inilah “Syahrini”. Selamat menyaksikan……………….

Hadirin yang berbahagia,
Kami mengundang Bapak/Ibu untuk berfoto bersama dengan kedua mempelai, kami silahkan bersiap-siap di samping kanan pelaminan.
Menemani Bapak/Ibu berfoto bersama, kembali kami persembahkan beberapa buah lagu berirama pop diiringi oleh Erwin Gutawa Orcestra.

8. Penutup

Bapak/Ibu yang kami hormati,
Puji Syukur Alhamdulillah, dengan usainya rangkaian acara, maka usai pula resepsi pernikahan indah nan mulia malam ini. Sekali lagi, kami atas nama keluarga besar kedua mempelai mengucapkan terima kasih kepada seluruh hadirin pada malam ini. Akhir kata…

Elok nian merpati dara
Terbang indah di atas awan
Andaikata salah bicara
Hanya maaf kami mohonkan


Wassalamualaikum Wr. Wb.

Tidak ada komentar: